Info TPQ Hidayatul Ulum
Minggu, 06 Okt 2024
  • Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

TPQ Hidayatul Ulum Lambaro Skep Syahadahkan 17 Santri Tahfidz Per 1 Juz Dimulai dari Juz 30

Diterbitkan : - Kategori : BERITA SANTRI / BERITA TPQ
Peserta syahadah tahfidz Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ) Hidayatul Ulum Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh berpose bersama Ustadz/zah serta Direktur TPQ Edy Iswandi ZA SSos I

Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ) Hidayatul Ulum Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh melaksanakan syahadah tahfidz bagi peserta program hafal quran yang telah menyelesaikan target hafalannya per 1 juz diawali dengan juz 30, Minggu (28/3/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Plt Kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh, perwakilan Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda, Keuchik Lambaro Skep, Imam Syiekh, Tuha Peut, Ketua Badan Kemakmuran Masjid, para imam masjid Darul Makmur, wali santri serta seluruh tamu undangan dan juga Direktur TPA/ TPQ di Kecamatan Kuta Alam.

Direktur TPQ Hidayatul Ulum (HU) Lambaro Skep Edy Iswandy ZA S,Sos.I menyampaikan syahadah tahfidz Alquran adalah untuk mempersaksikan bahwa anak-anak yang telah selesai menghafal Alquran dan mendapat penghargaan untuk memotivasi mereka agar lebih giat lagi menghafal dalam hal ini target per 1 juz diawali juz 30 dan ke depannya akan dilanjutkan dengan juz 29, 1, 2, 3 dan seterusnya.

Edy menambahkan sebelumnya para santri peserta tahfidz telah di uji/tasmi’ oleh Tim Seleksi Ustad Samsul Bahri SPd Al Hafidz dan Ustadz Agusri Syamsuddin MA dari Lembaga Sertifikasi Tahfidz Quran (LSTQ) yang telah dibentuk Pemerintah Kota Banda Aceh.

Jumlah peserta yang disyahadahkan adalah 17 orang dari 40 peserta masuk program.

Panitia juga memberi penghargaan kepada mereka yang belum tuntas hafalan atau pra syahadah agar ke depan para santri terus terpikat dan senang dengan menghafal Alquran.

Edy menyebutkan syahadah tahfidz ini merupakan buah dari hasil kerja keras para ustadz/ustadzah TPQ Hidayatul Ulum yang telah menjalankan program rutin dalam paket tilawah dan tahfidz yang merupakan binaan Dinas Syariat Islam Kota Banda sebagai bagian dari Gampong Syariah Mandiri di Kota Banda Aceh.

Direktur TPQ Hidayatul Ulum Gampong Lambaro Skep Edy Iswandi ZA SSos I memberi kata sambutan.

“Panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan pak keuchik, Imam Syiek, Ketua BKM Darul Makmur para imam masjid serta wali santri yang telah mendukung, membantu dalam suksesnya acara ini,” tambah ustadz Edy yang juga Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS di KUA Kecamatan Kuta Alam, di bawah Kementerian Agama Kota Banda Aceh.

Sementara itu Pembina, Penasehat TPQ selaku Ketua BKM Darul Makmur Ir H Jafaruddin Husein MA atau yang dikenal dengan sapaan Abi mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi sepenuhnya kegiatan syahadah tahfidz dan penghargaan bagi penghafal Alquran ini karena mereka yang harus terus dijaga dan dibina sebagai generasi pelanjut estafet kemakmuran masjid ke depan.

“Apalagi di masa sekarang lebih harus giat lagi jangan sampai anak-anak kita lepas kontrol dari pengawasan karena tantangan teknologi yang harus diawasi bersama, untuk lebih menyemangati,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Abi memberi bantuan berupa dana langsung saat menyampaikan kata sambutannya.

Hal senada juga disampaikan Keuchik Lambaro Skep Tarmizi Hamid.

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh TPQ Hidayatul Ulum karena banyak kegiatan yang inovatif dan kreatif.

Disebutkan pihak pemerintah gampong juga membantu dalam hal pendidikan pengkaderan generasi Alquran ini.

Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Ust Ridwan Ibrahim SAg, MPd dalam sambutannya mengatakan bahwa syahadah tahfidz TPQ Hidayatul Ulum Gampong Lambaro Skep ini sangat menarik, karena juga pelaksanaan syahadah perdana di ranah TPQ di Kota Banda Aceh.

“Semoga akan menjadi panutan dan motivasi untuk TPA/TPQ lain di Kota Banda Aceh,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan salam dari Wali Kota Aminullah Usman SE, Ak MM yang tidak dapat berhadir dalam kesempatan ini.

Ridwan Ibrahim menambahkan agar syahadah tahfidz ini agar bisa terus dilanjutkan sebagai upaya mendukung amanah Wali Kota dan Pemerintah Kota Banda Aceh bahwa Kota Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariat Islam akan terwujud.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar