Info TPQ Hidayatul Ulum
Minggu, 06 Okt 2024
  • Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

TPQ Hidayatul Ulum Kota Banda Aceh Sukses Gelar Syahadah Tahfidz Angkatan III

Diterbitkan : - Kategori : BERITA SANTRI / BERITA TERBARU / BERITA TPQ / HU NEWS
Tokoh Lambaro Skep dan beberapa Tokoh Kota Banda Aceh menyematkan selempang, mahkota dan memberikan sertifikat penghargaan kepada para Hafidz/Zah yang telah mampu mencapai target hafalan per-satu Juz Al-Qur'an

Tokoh Lambaro Skep dan beberapa Tokoh Kota Banda Aceh menyematkan selempang, mahkota dan memberikan sertifikat penghargaan kepada para Hafidz/Zah yang telah mampu mencapai target hafalan per-satu Juz Al-Qur’an

TPQ Hidayatul Ulum Kota Banda Aceh sukses menggelar Syahadah Tahfidz Angkatan III di Aula Dinas Syariat Islam Aceh Minggu (10/9/2023).

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatul Ulum kembali menyelenggarakan serangkaian acara yang menaungi dan mendorong santri-santrinya dalam menggalakkan menghafal Al-qur’an.
Direktur TPQ Hidayatul Ulum Ustadz Edy Iswandy ZA S. Sos. I dalam sambutannya mengatakan “Syahadah Tahfidz ini merupakan program lanjutan dari Syahadah Tahfidz angkatan I dan II yang telah dilaksanakan sebelumnya, yang juga merupakan salah program unggulan dari TPQ HU. Pada angkatan ke-III ini kami mengangkat tema Mencetak Generasi Penghafal Al Quran yang berakhlakul karimah”.

Adapun tujuan dasar penyelenggaraan Syahadah Tahfidz ini adalah memberikan apresiasi dan dorongan kepada anak-anak santri yang mampu mencapai target menghafal /1 Juz. Untuk Angkatan I dimulai dari Juz 30 angkatan II juz 29 dan Angkatan III juz 1. Untuk jumlah santri Syahadah Tahfidz Angkatan III tahun 2023 ini berjumlah 31 orang.

Panitia juga memberikan penghargaan kepada santri-satri kategori Pra-Syahadah, yaitu santri yang hampir menyelesaikan target hafalan per-1 juz 30 Al-qur’an, untuk memotivasi mereka agar segera menyelesaikan target hafalannya.

“Semoga program unggulan TPQ seperti Syahadah Tahfidz ini ke depan terus berlanjut melalui dukungan Pembina, pak Keuchik, pak Kadis, dan seluruh pihak terkait lainnya” sebut Ustadz Edy yang juga Penyuluh Agama Islam.

Turut hadir pada acara ini Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Kabid SDM & Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Pembina TPQ HU Usman SE MSi yang juga Wakil Ketua I DPRK Banda Aceh, Kepala KUA Kecamatan Kuta Alam, Ketua Umum BKPRMI Aceh Dr. Mulia Rahman MA, Ketua DPD BKPRMI Banda Aceh Bukhari, Keuchik Lambaro Skep yang diwakili Pak Sekdes, Ketua Tuha Peut Lambaro Skep dan para Direktur TPQ Se-kawasan Kota Banda Aceh.

Keuchik Lambaro Skep diwakili Sekdes mengatakan “agar agenda mulia ini terus berlanjut dan membantu serta pasti kita dukung”. Ucapnya.

Kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh H. Ridwan Ibrahim dalam sambutan dan arahannya mengapresiasi apa yang dilaksanakan TPQ Hidayatul Ulum Lambaro Skep. Karena program Syahadah Tahfidz ini adalah agenda yang pertama dilaksanakan oleh TPQ di Kota Banda Aceh. “Semoga ini menjadi pilot project percontohan untuk TPA/TPQ yang ada di Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Dinas Syariat Islam juga menyediakan tim Tasmik Uji Hafalan Quran dari Lembaga Sertifikasi Tahfidz Quran (LSTQ). Pembina TPQ HU Usman SE. MSi yang juga dalam sambutan mengatakan agar Syahadah Tahfidz ini terus dilanjutkan. Dia juga menyarankan kepada Kadis Syariat Islam, Kadis Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh agar lebih serius dalam membantu dan, menjadikan Syahadah Tahfidz ini ikon gerakan perkembangan TPA/TPQ di Banda Aceh.

Ketua Umum BKPRMI Aceh Dr. Mulia Rahman MA yang turut hadir dalam sambutannya juga memberikan apresiasi bahwa TPQ HU sangat serius dan berkomitmen sebagai TPQ yang pertama di Kota Banda Aceh menyelenggarakan dan mengembangkan Program Syahadah Tahfidz.
“Ini patut di contoh oleh seluruh TPA/TPQ di Kota Banda Aceh dan provinsi, program yang kreatif serta meningkatkan motivasi dan dorongan anak santri dalam menjadi hafidz dan hafidzah” ucapnya.

Harapan kami sebagai guru dan penyelenggara kegiatan, dapat terus memberikan kontribusi yang terbaik dalam mendidik dan membimbing anak-anak. Tentunya hal tersebut akan mudah kita wujudkan dengan komitmen dan keterlibatan dari orang tua wali murid serta dukungan tokoh-tokoh yang ada di internal ataupun eksternal Kota Banda Aceh. Tutup Ustadz Edy Iswandi ZA.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar